KONTRIBUSI SYARIAH DI PULAU BAWEAN

MAKALAH

KONTRIBUSI SYARI’AH DAN PERKEMBANGAN UNTUK DAERAH PULAU BAWEAN

 

 

 

 

 

 

 

 

OLEH :

SAYYID MUHADDAR

DOSEN: NUR AZIZAH. SE

STAIHA BAWEAN KECAMATAN SANGKAPURA, KABUPATEN GRESIK 2011-2012

 

 

 

KATAPENGANTAR

Degan nama Allah yang maha pengasih dan penyayang, tuhan pencipta Alam beserta isinya. Sholawat dan alam kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Keluarga serta sahabat sahabatnya yang mulia.

Kami sebagai  makhluk yang lemah tidak berhenti bersyukur dan bersujud kepada penciptal angit dan bumi beserta isinya, atas curahan rahmat dan maunahnya dalam penyusunan makalah ini.

Semoga atas tersusunya makalah ini menjadi pembelajaran bagi kita semua dari segala hal yang terjadi di sekililing kita.

Mudah-mudahan makalah ini bagi penulis khususnya dan para pembaca umumnya, dapat mengambil sedikit pembelajaran bagi kita semua. Disamping itu penulis juga menyadari makalah ini tidak terlepas dari segala kekurangan, oleh karnanya segala bentu kkeritikan sangat penulis harapkan

DAFTAR ISI

Halaman Judul

Kata Pengantar

Daftar Isi

Bab I Pendahuluan

Bab II Pembahasan

  1. A.    Kontribusi Syari’ah
  2. B.     Perkembangan Syari’ah di Pulau Bawean

Bab III PENUTUP

  1. A.    Kesimpulan
  2. B.     Saran

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

Sebelum kita membahas perkembangan syari’ah di pulau kita bawean, kita haruslah mengerti terlebih dahulu apa yang di maksud syari’ah, menurut Imam Al-Raaziy, di dalam Kamus Mukhtaar al-Shihaah menyatakan: “Lafadz al-Syarii’ah bermakna masyra’at al-maa’ (maurid al-syaaribah: sumber air). Kata al-syarii’ah juga bermakna: agama yang disyariatkan Allah swt kepada hamba-hambaNya. Jika dinyatakan Allah telah mensyariatkan kepada mereka, maksudnya adalah sanna (menetapkan aturan untuk mereka).

Jadi syari’ah merupakan jalan besar dalam makna generik adalah keseluruhan ajaran Islam itu sendiri (42 :13). Dalam pengertian teknis-ilmiah syariah mencakup aspek hukum dari ajaran Islam, yang lebih berorientasi pada aspek lahir (esetoris). Namum demikian karena Islam merupakan ajaran yang tunggal, syariah Islam tidak bisa dilepaskan dari aqidah sebagai fondasi dan akhlaq yang menjiwai dan tujuan dari syariah itu sendiri.

Dikarnakan Islam merupakan  rahmatullilalamin bagi seluruh makhluk dan merupakan aturan-aturan bagi seluru manusia, yang mana di dalamnya terdapat berbagai ketetapan, seperti sholat, puasa, haji dan bahkan jual beli Seperti firman Allah swt, “Likulli ja’alnaa minkum syir’at waminhaajan“.[Untuk setiap umat di antara kamu, Kami jadikan aturan dan jalan yang terang”.(TQS Al Maidah (5):48)].

Sekarang yang menjadi pertanya’an apakah syari’ah Islam sudah terlaksana secara menyeluruh di pulau bawean  pada khususnya pada hal jual beli, yang mana telah kita ketahui bahwa masyarakat bawean pada umumnya beragama Islam bahkan bisa dikatan 100% beragama Islam, marilah kita simak bersama pada bab selanjutnya.

BAB II

Kontribusi Dan Perkenbangan Syari’ah Di Daerah Pulau Bawean

A. Kontribusi Syari’ah

Kontribusi syari’ah dipulau bawean memang tidak begitu terasa, walaupun sebagian besar masyarakat kita beragama Islam bahkan boleh dikatakan 100% beragama Islam, tapi kontribusi syari’ah tetap terasa bagi masyarakat Sumber Desa Kepuhteluk Kecamatan Tambak, masyarakat Sumber menggunakan masjid sebagai central ekonomi mereka, dan kucuran dana yang masuk kemasjid diperoleh dari:

  1. Zakat
  2. Dari hajatan masyarakat sekitar, Sepert:
    1. Pembacaan Tahlil
    2. Peroyek atau jasa, Seperti:
  • Pembangunan poros jalan
  • Pengangkutan Padi dll.
  1. Sumbangan masyarakat sekitar, dll.

Dari hasil itulah masyarakat Sumber menjadikan dana tersebut sebagai kesejahteraan bagi masyarakat sekitar, Seperti: masyarakat bisa meminjam uang dari masjid tersebut dengan syarat harus membayar sesuai dengan akad yang telah ditentukan.

Karna pada hakikatnya masjid bukanlah hanya  tempat sholat saja, tapi masjid juga adalah tempat central bagi umat Islam, Seperti: tempat musyawarah untuk kepentingan umat Islam, tempat perekkonomian umat Islam dll.

  1. B.     Perkembangan Syari’ah Di Daerah Bawean

Berbicara tentang syari’ah, perkembangan syari’ah bukan hanya sesuatu yang berkena’an dengan ekonomi saja tapi syari’ah juga membicarakan semua hal yang berkaitan dengan umat Islam seperti sholat, zakat, puasa, haji, jual beli dan lain-lain, dikarnakan syariah merupakan atura-aturan bagi umat islam. Tapi kami disini tidak akan membahas sholat, zakat, puasa dan haji, melainkan kami akan akan menitik beratkan pada perkembangan ekonominya saja khususnya dipulau Bawean.

Dengan berdirinya BMT dan bank jatim yang berbasis Syari’ah membuktikan  sebagian masyarakat Bawean mulai sadar betapa pentingnya system ekonomi Islam di pulau Bawean yang mayoritas penduduknya beragama Islam, dengan berdirinya BMT dan Bank Jatim yang berbasis syari’ah menunjukkan perkembangan syari’ah sudah mulai dirasakan di pulau bawean. walaupun sebagian masyarakat bawean pada umumnya belum mengerti benar perbeda’an bank konfensional dengan bank yang berbasis syari’ah.

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

  1. A.    Kesimpulan

kontribusi syari’ah tetap terasa bagi masyarakat Sumber Desa Kepuhteluk Kecamatan Tambak, masyarakat Sumber menggunakan masjid sebagai central ekonomi mereka dikarnakan pada hakikatnya masjid bukanlah hanya  tempat sholat saja, tp masjid juga adalah tempat central bagi umat Islam, Seperti: tempat musyawarah untuk kepentingan umat Islam, tempat perekkonomian umat Islam dll.

Dengan berdirinya BMT dan bank jatim yang berbasis Syari’ah membuktikan  sebagian masyarakat Bawean mulai sadar betapa pentingnya system ekonomi Islam di pulau Bawean yang mayoritas penduduknya beragama Islam, dengan berdirinya BMT dan Bank Jatim yang berbasis syari’ah menunjukkan perkembangan syari’ah sudah mulai dirasakan di pulau bawean. walaupun sebagian masyarakat bawean pada umumnya belum mengerti benar perbeda’an bank konfensional dengan bank yang berbasis syari’ah.

  1. B.  Saran

Tetantang penyusunan makalah ini, kami sebagai penulis keretikan serta sarannya untuk kami  jadikan pelajaran selangkah lebih maju pada kesempatan selanjutnya dan ucapan terimakasih yang tak terhingga pun kami sampaikan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: