Pengertian & Pengantar Manajemen

penadarisma

A.      Pengertian Manajemen

Istilah manajemen berasal dari kata management (Bahasa Inggris), berasal dari kata “to manage” yang artinya mengurus atau tata laksana. Sehingga manajemen dapat diartikan bagaimana cara mengatur, membimbing dan memimpin semua orang yang menjadi bawahannya agar usaha yang sedang dikerjakan dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Banyak ahli yang memberikan definisi tentang manajemen, diantaranya:

Harold Koontz & O’ Donnel dalam bukunya yang berjudul “Principles of

Management” mengemukakan, “Manajemen adalah berhubungan dengan pencapaian sesuatu tujuan yang dilakukan melalui dan dengan orang-orang lain” (Dayat, n.d,p.6).

George R. Terry dalam buku dengan judul “Principles of Management” memberikan definisi: “Manajemen adalah suatu proses yang membedakan atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan pelaksanaan dan pengawasan, dengan memanfaatkan baik ilmu maupun seni, agar dapat menyelesaikan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya” (Dayat, n.d,p.6).

Ensiclopedia of The Social Sciences

Manajemen diartikan sebagai proses pelaksanaan suatu tujuan tertentu yang diselenggarakan dan diarvasi.

Mary Parker Follet

Manajemen adalah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain

Thomas H. Nelson

Manajemen perusahaan adalah ilmu dan seni memadukan ide-ide, fasilitas, proses, bahan dan orang-orang untuk menghasilkan barang atau jasa yang bermanfaat dan menjualnya dengan menguntungkan.

G.R. Terri,

Manajemen diartikan sebagai proses yang khas yang terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan dan usaha mencapai sasaran-sasaran dengan memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.

James A. F. Stoner

Manajemen diartikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan upaya (usaha-usaha) anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Oei Liang Lie

Manajemen adalah ilmu dan seni perencanaan pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengawasan sumber daya manusia dan alam, terutama sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

B.       Pengantar Manajemen

  1. Manajemen adalah proses merencana, mengorganisasi, mengarah-kan, mengoordinasikan serta mengawasi kegiatan mencapai secara efisien dan efektif tujuan organisasi.
    1. Proses manajemen dilakukan oleh manajemen bawah, menengah dan puncak.
    2. Manajemen dalam pengertian orang menjalankan peranan melakukan hubungan pribadi, pemberi informasi dan pengambil keputusan.
    3. Manajemen harus berketerampilan konseptual, manusiawi, dan teknis.
  • Sejarah Manajemen
  1. Manajemen dapat dianggap sebagai suatu seni atau ilmu atau profesi.
  2. Manajemen sukses ada semenjak tahun 5000 SM dan berkembang terus sampai saat ini melalui pendekatan klasik, perilaku kuantitatif dan modern.
  3. Perkembangan terakhir manajemen berupa pemikiran tentang kriteria sukses dari perusahaan konsultan McKinsey.
  • Konsep Manajemen Masa Depan
  1. Manajemen masa depan bertujuan meningkatkan ROI, produktivitas dan kualitas hidup manusia.
  2. Manajemen masa depan mendasarkan tindakannya pada aspek kuantitatif dan perilaku manusia.
  3. Manajemen masa depan akan menghadapi isu inflasi, sumber daya yang makin langka, nilai sosial budaya masyarakat, teknologi, hubungan karyawan dan manajemen, etika dan tanggung jawab sosial, konflik-konflik dan globalisasi.
  4. Manajemen masa depan akan menghadapi masalah yang datang dari sektor industri dengan jasa dan untuk itu perlu informasi yang dicari dengan sistem informasi manajemen yang baik.

3 Responses to Pengertian & Pengantar Manajemen

  1. SETRISMAN mengatakan:

    125
    ADUH KAPAN ‘YA SAYA SEBAGAI RAKYAT KECIL SEPERTI AKU, RAKYAT KECIL DI URUSI SEJUJURNYA SAYA TIDAK MERASA AMAN DAN TIDAK NYAMAN BILA KELUAR RUMAH SOALNYA BANYAK SEKALI PREMAN-PREMAN BERKELIARAN DIMANA-MANA BIKIN SUSAH ORANG, BIKIN ORANG JADI WAS-WAS, BIKIN ORANG BERDETAK, ADA PREMAN- PREMAN YANG BERTATO DAN TIDAK BERTATO, ADA JUGA PREMAN YANG RAMBUT PANJANG DAN TIDAK PANJANG ( PRIA ), ADA JUGA PRIA CARA BICARANYA DAN PRILAKUNYA SEPERTI PREMANISME, ADA JUGA PREMANISME YANG BERKEDOK TUKANG OJEK ATAU TUKANG BANGUNAN ATAU SOPIR ANGKOT/ BUS ( DIPROVINSI DKI, DIPROVINSI BANTEN, DI PROVINSI SULSEL). PREMAN_ PREMAN BERKELIARAN ADA DIMANA-DIMANA SEPERTI DIPELABUHAN TANJUNG PRIUK ( DI PROVINSI DKI JAKARTA). PREMAN_ PREMAN BERKELIARAN ADA DIMANA-DIMANA SEPERTI DIDALAM ANGKOT SOPIR PREMAN DI BUS METROMINI_KOPAJA, ETC_DI STASIUN KERETA API, ETC (PROVINSI DKI JAKARTA), PREMAN_PREMAN BERKELIARAN ADA DIMANA-MANA SEPERTI TERMINAL CIMONE_PASAR CIKOKOL, ETC ( DI PROVINSI BANTEN).
    ADA JUGA PREMAN-PREMAN BERKELIARAN SEPERTI DIDALAM ANGKOT YAKNI SOPIR ANGKOT DI PROVINSI SULSEL YAKNI IBU KOTA DAERAH YAITU DI MAKASSAR BAGIAN DI KOTA MAKASSAR,
    ADA JUGA PREMAN-PREMAN BERKELIARAN BERKEDOK CALO_CALO SEPERTI DI DALAM TERMINAL_TERMINAL TAMALANREA, PASAR DAYA LAMA, ADA JUGA PREMAN-PREMAN BERKELIARAN YANG BERKEDOK TUKANG OJEK SEPERTI GOA RIA PERTENGAHAN_ DI DALAM ANGKOT BANYAK SEKALI PENCOPET BERSILET YANG BERKEDOK PENUMPANG PADA DI MALAM HARI ( DIPROVINSI SULSEL),
    POLISI RI DAN TENTARA RI MOHON PENINDAKAN HUKUM DENGAN TEGAS DAN KERAS KEPADA PREMAN_PREMAN.

  2. SETRISMAN mengatakan:

    ..Kepada Yth CEO/ PIMPINAN RUMAH SAKIT DI SELURUH PROVINSI RI.
    Di
    Tempat

    Dengan hormat,
    SAYA SEBAGAI RAKYAT KECIL MEMOHON DAN MENGUSULKAN KEPADA CEO/ PIMPINAN RUMAH SAKIT DAN CEO/ PIMPINAN PUSKESMAS SELURUH PROVINSI DI NEGARA KESATUAN Republik Indonesia.
    1. HARUS DIPERHATIKAN TINGKAT KEPUASAAN PELANGGAN ATAU PASIEN.
    2. DAN SEMUA PEGAWAI (STAF, DOKTER PRIA/WANITA, PERAWAT PRIA/SUSTER WANITA) DILATIH DENGAN KOSTUMER SERVIS/ PELAYANAN PELANGGAN UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PRIMA PADA PASIEN.

    3. SEMUA PEGAWAI ( DOKTER PRIA/WANITA, PERAWAT PRIA/SUSTER WANITA UTAMAKAN RAMAH DAN SOPAN SANTUN (DI BUDAYA KAN) MISALNYA SENYUMAN ANDA HARAPAN KAMI ( TUTUR KATA YANG SOPAN, ETIKA, KODE ETIK, ETIKA PROFESI,)

    4. SEMUA PEGAWAI (STAF, DOKTER PRIA/WANITA, PERAWAT PRIA/SUSTER WANITA) MENJUNJUNG TINGGI SUMPAH JABATAN PROFESI SERTA MEMBERIKAN INFORMASI SEJUJUR-JUJURNYA DAN TERBUKA KEPADA PASIEN.

    5. SEORANG SUSTER WANITA/ DOKTER WANITA MEMAKAI BAJU YANG TEBAL DAN MEMAKAI BAJU YANG LONGGAR (TIDAK TEMBUS PANDANG), DAN BERLENGAN PANJANG ( BERPAKAIAN YANG RAPI DAN BERPAKAIAN YANG SOPAN SANTUN).

    6. SEORANG SUSTER WANITA/ DOKTER WANITA, SEBAIKNYA/ ALANGKAH BAIKNYA JANGAN MEMAKAI ROK KETAT/ ROK PENDEK/ ROK MINI/ ROK SEKSI YANG TRANSPARAN SERTA JANGAN MEMAKAI ROK YANG KAINNYA TIPIS_ TEMBUS PANDANG ( BERADA DIDALAM RUMAH SAKIT ATAU DIPUSKESMAS ).
    • SEBAIKNYA/ ALANGKAH BAIKNYA SEORANG SUSTER WANITA/ DOKTER WANITA MEMAKAI MEMAKAI ROK PANJANG YANG LONGGAR SERTA ROK PANJANG YANG KAINNYA TEBAL ( TIDAK TEMBUS PANDANG ) BERWARNA BIRU, ATAU BERWARNA HITAM, ATAU BERWARNA MERAH, DAN ROK PANJANG SAMPAI DIBAWA KAKI, UNTUK MENJAGA KEHORMATAN WANITA YAKNI HARKAT DAN MARTABAT SEORANG WANITA DAN JUGA UNTUK MENJAGA KEHORMATAN KODE ETIK PROFESI SERTA ETIKA PROFESI SEORANG SUSTER WANITA/ DOKTER WANITA.
    7. SEORANG SUSTER WANITA/ DOKTER WANITA, SEBAIKNYA/ ALANGKAH BAIKNYA JANGAN MEMAKAI CELANA PANJANG YANG TRANSPARAN, CELANA PANJANG YANG KAINNYA TIPIS_ TEMBUS PANDANG
    • SEBAIKNYA/ ALANGKAH BAIKNYA SEORANG SUSTER WANITA/ DOKTER WANITA MEMAKAI CE LANA PANJANG YANG LONGGAR SERTA ROK PANJANG YANG KAINNYA TEBAL ( TIDAK TEMBUS PANDANG ) BERWARNA BIRU, ATAU BERWARNA HITAM, ATAU BERWARNA MERAH, DAN CELANA PANJANG SAMPAI DIBAWA KAKI, UNTUK MENJAGA KEHORMATAN WANITA YAKNI HARKAT DAN MARTABAT SEORANG WANITA DAN JUGA UNTUK MENJAGA KEHORMATAN KODE ETIK PROFESI SERTA ETIKA PROFESI SEORANG SUSTER WANITA/ DOKTER WANITA (UNTUK USIA 20 TAHUN HINGGA USIA 35 TAHUN).
    8. SEORANG DOKTER/ SUSTER JANGAN MEREREMEHKAN ATAU MELECEHKAN SESAMA PROFESI ( JANGAN MERASA DIRINYA LEBIH PANDAI )

    9. SEORANG DOKTER DAN SEORANG PERAWAT PRIA DAN SUSTER WANITA MENGUCAPKAN KATA-KATA YANG SOPAN SANTUN DAN BERETIKA ATAU UCAPKAN KATA/KALIMAT YANG TIDAK MENYEBABKAN MENYINGGUNG PERASAAN PASIEN.
    JANGAN UCAPKAN KATA KATA KASAR/ KURANG ETIS/ KURANG BERETIKA YANG MENYEBABKAN PENYAKIT PASIEN MENJADI BERTAMBAH PARAH.

    10. SOAL PENARIKAN/REKRUTMEN YAKNI SETIAP PENERIMAAN PEGAWAI (DOKTER PRIA DAN WANITA KHUSUSNYA PERAWAT PRIA DAN SUSTER WANITA) HARUS DI TES KEJIWAAN YANG SESUNGGUH-SUNGGUHNYA DAN MENTALNYA (TIDAK GANGGUAN MENTAL BERAT) SESUNGGUH-SUNGGUHNYA DENGAN MELIBATKAN SEORANG AHLI KEJIWAAN ( PSIKIATER), APAKAH CALON PEGAWAI (DOKTER PRIA DAN WANITA KHUSUSNYA PERAWAT PRIA DAN SUSTER WANITA) BISA BERFIKIR JERNIH DAN SEHAT JASMANI DAN SEHAT ROHANI.
    KARENA SEORANG DOKTER PRIA DAN WANITA KHUSUSNYA PERAWAT PRIA DAN SUSTER WANITA BERHUBUNGAN LANGSUNG DENGAN PIHAK PASIEN/NYAWA PASIEN YANG SAKIT/DIRAWAT .

    ALANGKAH BAIKNYA CEO RUMAH SAKIT DAN ATAU PUSKESMAS MEMBERIKAN PATOKAN/ STANDAR PENERIMAAN CALON PEGAWAI DOKTER PRIA DAN WANITA KHUSUSNYA PERAWAT PRIA DAN SUSTER WANITA MEMILIKI IPK AKHIR 3, 70 UNTUK SYARAT SEBAGAI LULUSAN PENERIMA PEGAWAI DOKTER PRIA DAN WANITA KHUSUSNYA PERAWAT PRIA DAN SUSTER WANITA DIRUMAH SAKIT DAN ATAU PUSKESMAS.
    KETERANGAN : BELAJAR SERIUS DI PERKULIAHAN, KULIAH DOKTER/ PROFESI KEDOKTERAN) NISCAYA INSYA ALLAH PASTI ALLAH SWT/ TUHAN YANG MAHA ESA/TUHAN YANG MAHA KUASA/TUHAN JESUS MEMBERIKAN NILAI YANG TERBAIK YAKNI NILAI IPK AKHIR 3.8 ( SARJANA, PASCA SARJA/ DOKTORAL ) KALAU NILAI IPK AKHIR 3.8 KEMUNGKINAN TIDAK TERJADI MALPRAKTIK PADA NYAWA PASIEN SECARA LOGIKANYA SEPERTI ITU,..//

    11. SEORANG DOKTER PRIA DAN WANITA KHUSUSNYA PERAWAT PRIA DAN SUSTER WANITA HARUS MEMAKAI PAKAIAN YANG RAPIH, BERPAKAIAN YANG SOPAN SANTUN BER ETIKA SERTA SEPATU (SEPATU KANTORAN), DAN TUTUR KATA YANG SOPAN DAN BERETIKA/PRILAKU (ATTITUDE YAKNI KAIDAH SUSILA NORMA KESOPANAN DAN NORMA KESUSILAAN) DAN EKSTRA SABAR, SALING PENGERTIAN DAN SALING BERTOLERANSI SESAMANYA).

    12. ALANGKAH BAIK SEORANG DOKTER PRIA DAN WANITA KHUSUSNYA PERAWAT PRIA DAN SUSTER WANITA MENJUNJUNG TINGGI NORMA-NORMA KESOPANAN DAN NORMA-NORMA KESUSILAAN DAN MENJUNJUNG TINGGI NILAI-NILAI/ KAIDAH-KAIDAH DINEGARA KESATUAN Republik Indonesia, TATA NILAI/ HUKUM ADAT/ MORAL/ ETIKA PROFESI/KODE ETIK PROFESI DAN BERPEGANG TEGUH TANGGUNG JAWAB PROFESI
    13.
    SECARA KHUSUS:
    – SEORANG DOKTER PRIA DAN WANITA KHUSUSNYA PERAWAT PRIA DAN SUSTER WANITA MENJUNJUNG TINGGI KEHORMATAN PROFESI/ ETIKA PROFESI
    – SEORANG DOKTER PRIA DAN WANITA KHUSUSNYA PERAWAT PRIA DAN SUSTER WANITA HARUS INGAT DAN SELALU BERPEGANG TEGUH PADA SUMPAH JABATAN PROFESI/ MENJUNJUNG TINGGI SUMPAH PROFESI DAN MENYANGKUT NYAWA MANUSIA.
    – SEORANG DOKTER PRIA DAN WANITA KHUSUSNYA PERAWAT PRIA DAN SUSTER WANITA JANGAN MERASA PUAS PADA PENGETAHUAN DIMAKSUD/DIMILIKI SERTA BERFIKIR JERNIH SEBELUM BERTINDAK.

    14. SEORANG WANITA BERKERJA SEBAGAI DOKTER ATAU SUSTER YANG MEMAKAI BAJU YANG LONGGAR, MEMAKAI BAJU YANG TEBAL BUKAN BERWARNA PUTIH/ BERWARNA BAJU ( MISALNYA BROWN, BLCK, MERAH, ETC)/ , DAN ROK PANJANG/ CELANA PANJANG YANG LONGGAR (TIDAK TIPIS) BERWARNA (MISALNYA BROWN, BLCK, MERAH, ETC) KELIHATAN LEBIH ANGGUN DAN MENAWAN SERTA CANTIK DI PIKIRANNYA DAN JIWANYA

    TUHAN YESUS KRISTUS MEMBERKATI ANAK-ANAK TUHAN YESUS

    TUHAN YESUS MEMBERKATI BERKELIMPAHAN BANGSA DAN NEGARA KESATUAN Republik Indonesia yang kita cintai dan kita banggakan.
    22 DESEMBER 2014 17.50

  3. Ping-balik: Pengertian Manajemen | ninikwodpresscom

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: